Sabtu, 11 Februari 2012

Permainan Pramuka Siaga


Dalam latihan Pramuka Siaga di gugus depan, sangat identik dengan permainan-permainan, bernyanyi dan bertepuk tangan. Sifat kekanak-kanakan Pramuka Siaga harus dapat disalurkan secara baik agar hak anak untuk bermain yang tidak dapat dilakukan di sekolah dapat tersalurkan dengan baik pada saat latihan pramuka. Aneka permainan siaga pun wajib dimiliki oleh setiap pembina Pramuka Siaga, tentu saja yang mengandung nilai-nilai yang baik, seperti keagamaan, kesehatan, ketelitian dan lain sebagainya.
Permainan haruslah permainan yang dapat disukai oleh anak-anak siaga, jangan permainan yang terlalu serius atau berbahaya. Salah satu permainan yang sederhana adalah permainan Transmigrasi Kelinci.
            Tujuan permainan Transmigrasi Kelinci ini bertujuan untuk memupuk keberanian sambil mengenal sedikit tentang apa itu Transmigrasi.
Permainan Pramuka Siaga - Transmigrasi Kelinci
  1. Pilih satu barung (5-10 anak) untuk menjadi kelompok serigala, sedangkan barung-barung yang lain menjadi kelinci yang akan berpindah dari tempat yang tandus ke tempat yang subur.
  2. Anggota barung (kelinci) lari dengan bebas menyeberangi daerah serigala menuju tempat yang subur untuk mendapatkan makanan.
  3. Kelinci yang tertangkap oleh serigala ikut menjadi serigala atau menjadi tawanan.
  4. Pemenangnya adalah barung yang anggotanya paling sedikit tertangkap.
  5. Secara bergilir, barung menjadi kelompok serigala.
Untuk mengembangkan fantasi dan daya imajinasi anak-anak siaga, memupuk rasa sayang binatang dan sesama teman, Yanda/Bunda menutup acara latihan dengan cerita "Anak Kelinci Cerdik".

Ada 200 ekor kelinci kelaparan, badannya kurus karena kurang mendapat makanan. Rumahnya berada di seti hutan yang gundul dan tandus, rumputnya kering di musim kemarau. Dua ekor anak kelinci yang cerdik mencari makanan yang jauh dari rumahnya. Lalu mengajak teman-temannya pindah ke tempat subur yang rumputnya segar dan subur. Waktu berpindah melalui tempat serigala buas, tetapi selamat. Pindah ke tempat subur ini disebut dengan Transmigrasi.

Demikian sedikit permainan yang penulis kutip dari Karang Pamitran Nasional I 1983. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam Pramuka!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar